Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Agama Kekerasan

Judul Buku : Agama Kekerasan
Penulis : Abdul Qodir Shaleh
Penerbit : Prisma Sophie

Buku ini menawarkan sebuah pemetaan terhadap aksi kekerasan yang mengatasnamankan agama dalam lintasan sejarah Indonesia. Pemetaan tersebut merupakan sebuah usaha yang sangat tepat, karena sejauh ini belum ada sebuah pemetaan yang sistematis yang mendeskripsikan dan mengelaborasikan historisitas tindak kekerasan dengan mengatasnamakan agama di Indonesia. Oleh karena itu, buku ini lebih tepatnya telah melakukan sebuah rekonstruksi terhadap berbagai parsialitas bahasan tindak kekerasan yanga ada di Indonesia, khususnya kekerasan uang mengatasnamakan agama. Dari rekonstruksi tersebut diharapkan ada sebuah pemahaman yang sistematis akan berbagai peristiwa kelabu dalam historisitas agama-agama dan agama-negara di Indonesia.
Disamping itu, berbagai tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama itu kemudian ditelaah dari sudut pandang Islam. Bahasan ke-Islaman tersebut dimaksudkan untuk menjadi pedoman dan penghayata bagi siapapun bahwa Islam merupakan negara yang damai, agama toleran, agama yang mencintai kedamaian dan tidak mentolelir tindak kekerasan apapun bentuk dan subyek-obyek dari tindak kekerasan tersebut. Kesalah pahaman, klaim kebenaran dan hilangnya sense of dialogue antara agama, antar budaya, antar etnis dan atar komponen sosial hanya akan menimbulkan masa depan yang kelabu dan bahkan bisa dikatakan buram menyedihkan yang akan membawa kesengsaraan dan kehancuran yang bisa jadi akan menjadi trauma dan sindrom turunan yang terus berlangsung sampai pada anak keturunan kita. Bom waktu akan menanti kita kapanpun!
Karena itu, marilah kita bergandengan tangan, hidup dalam damai, penuh sikap toleransi, berperadaban dan humanis bersama buku ini.