Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Kebangkitan Agama

Judul Buku : Kebangkitan Agama Menantang Politik Dunia
Penulis : Peter L. Berger (editor)
Penerbit : ar-Ruzz

Beberapa tahun silam, Presiden The Greve Foundation John Kizer, mengatakan, bahwa surat kabar penuh dengan pemberitaan mengenai pengaruh agama atas politik: kebangkitan evangelis di Amerika Latin, pertentangan Muslim-Kristen di Afrika, perselisihan antara orang Arab dengan Israel, perjuangan agama kaum sekularis di Turki, serangan kaum fundamentalis Muslim atas militer sekuler di Algeria, serangan fundamentalis Hindu terhadap partai Kongres di India.
Dan kini, tidak bisa dipungkiri, sesungguhnya apa yang dikatakan Kizer itu kembali menemukan “resonansi”-nya, pergulatan, pertentangan, pertarungan, perebutan pengaruh, kekuasaan atau bahkan hegemoni atara ranah agama dan politik terus bergemuruh. Agama bangkit, politik tak mau ketinggalan. Terjadilah kemudian, sebuah panggung “Kebangkitan Agama Menantang Politik Dunia”. Kasus ‘ketakutan Amerika’ (simbol politik dunia) atas Laden (representasi pengaruh agama) yang telah melahirkan kampanye buta anti-terorisme, adalah sekadar contoh paling mutakhir.
Persoalannya, bagaimana kita menyikapi fenomena tersebut secara lebih jauh, agar kita dapat melihat pengaruh agama dalam wilayah politik di abad ke-21 ini? Buku inilah jawabannya. Meski tidak menunjukkan pada kasusu terkini (pasca tahun 2000), toh naga-naganya , buku ini hendak menjawab segala problem diatas. Dalam bidangnya, buku ini jelas layak untuk diapresiasi, dibaca dan tentu saja dibeli, sebab ditulis oleh dedengkot-dedengkot intelektual kaliber dunia seperti Peter L. Berger, Tu Weiming, Jonathan Sack, George Weigel, David Martin, Grace Davie dan Abdullahi Ahmed An-Na’im. Tidak percaya? Buktikan sendiri setelah anda membacanya.