Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Nalar Pendidikan Qur’ani

Judul Buku : Nalar Pendidikan Qur’ani
Penulis : M. Jindar Wahyudi
Penerbit : Apeiron Philotes

Praktik pendidikan Islam memang tidak pernah sepi dari sejarah pergulatan ide dalam menemukan identitasnya. Kegamangan demi kegamangan terus menyertai pencarian identitas ini seiring hadirnya berbagai gempuran pandangan dan teori yang berbasis kultur peradaban Barat. Hampir dapat dipastikan bahwa pandangan dan teori Barat bisa dijumpai diseluruh lapis dan struktur praktik pendidikan Islam. Dalam konteks seperti ini lantas muncul pertanyaan ‘masih adakah yang disebut dengan pendidikan Islam?’ ‘Bila ada lalu seperti apa?’
Buku ini hadir dalam kancah pergulatan sejumlah pertanyaan dan jawaban atas identitas pendidikan Islam. Dengan mengambil latar kritik atas teori-teori nativisme, empirisme, dan konvergensi dan dengan mengusung ‘nalar pendidikan qur’ani’ buku ini mencoba untuk mendialogkan secara kritis aktualisasi kebenaran ajaran Islam ditengah pusaran teori=teori tersebut. ‘Fitrah’ menjadi kata kunci penting yang ditawarkan untuk bisa keluar dari kemelut perdebatan yang sering kali berakhir dengan kebuntuan. Kekuatan buku ini terletak dalam pendekatannya yang kritis dan original untuk mendekati konsep-konsep pendidikan dalam al-Qur’an secara tematik.