Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Negara Integralistik

Judul Buku : Pandangan Negara Integralistik
Penulis : Marsillam Simandjuntak
Penerbit : Grafitti Press

Seiring runtuhnya rezim Soeharto, istilah negara integralistik kian meredup dalam wacana perpolitikan di Indonesia. Tetapi sebagai sebuah paradigma, konsep totaliter ini belum sepenuhnya terkikis dari alam pikiran, dan karenanya masih banyak mewarnai ungkapan dan tingkah laku sementara elite politik.
Buku ini menelusuri kembali dimana sebetulnya tempat dan kedudukan pandangan negara integralistik dalam penyusunan UUD 1945. secara kritis juga dikupas sumber filsafat pandangan itu yang pada hakikatnya bertentangan dengan asas kedaulatan rakyat. “buku ini adalah semacam berkas tangkisan atau gugatan balik, membela perkara kedudukan kedaulatan rakyat dan hak-hak dasar manusia dalam konstitusi” kata penulisnya.
Marsillam Simandjuntak, lahir 1943 di Yogyakarta, seorang dokter kemudian menjadi sarjana hukum. Terlibat dalam bidang sosial-politik sejak menjadi pemimpin organisasi mahasiswa di Jakarta dan gerakan mahasiswa 1966. ia juga salah seorang pendiri Forum Demokrasi pada tahun 1991