Bismillah... Kedai buku ini bertujuan membantu teman-teman di malaysia yang memerlukan data untuk bahan kajian dan referensi, menambah wacana ataupun sekedar memenuhi rak perpustakaan pribadinya.

Tuanku Rao

Judul Buku : Pongkinangolngolan Sinambela Gelar Tuanku Rao
Teror Agama Islam Madzhab Hambali di Tanah Batak
Penulis : Mangaradja Onggang Parlindungan
Penerbit : LKiS

Apa yang mau dihadirkan dengan buku: Tuanku Rao, setelah 43 tahun menjadi kontroversi? Sejak terbit perdana tahun 1964 oleh Penerbit Tandjung Pengharapan dan ditarik kembali oleh penyusunnya sendiri, buku ini menyimpan kenangan keluarga, kontroversi yang belum dan mungkin tidak perlu selesai. Sebagaimana lumrah terjadi dalam diskursus akademik, khususnya kajian-kajian sejarah Indonesia, barangkali buku ini dapat diletakkan kembali dan diperkenalkan lagi kepada khalayak pembaca dan para peminat sejarah.
Inilah mengapa penerbit LKiS mencoba menghadirkan kembali, seperti apa adanya buku ini sebelumnya, baik bahasa, perwajahan bahkan setting-lay outnya. Tujuan daripada itu semua untuk mencoba menampilkan dan menangkap emotional sense dari buku ini dan setting sosial pada periode dimana buku ini terbit.
Bagi penerbit LKiS bukan pertama-tama alasan kontroversi itu yang memicu penerbitan buku ini. Lebih daripada itu, kehadiran kembali (reprint) buku ini untuk melihat wajah diskursus akademik kita tentang sejarah pada masa lalu yang umumnya sangat diskursif. Ketidak setujuan kita atas seluruh atau sebagian dari sebuah buku tidak serta merta mensahkan kita berbuat semaunya. Disana masih ada etika dan kebebasan dipanggung akademik. Itupula yang diajarkan Prof. HAMKA saat menulis buku: Antara Fakta dan Khayal “TUANKU RAO” (Bulan Bintang 1974) sebagai jawaban atas karya M.O. Parlindungan. Sekalipun keduanya berdebat dengan segala emosi dan argumentasi ilmiah, namun pada saat yang sama keduanya adalah seorang sahabat sekaligus mitra bersikusi yang saling menopang!